Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara terletak di dusun Patehan, Gadingsari, kecamatan Sanden, kabupaten Bantul, Yogyakarta. Disebut Goa Cemara karena di sepanjang pantai ditumbuhi rerimbunan pohon cemara udang yang membentuk lorong di tengah-tengahnya mirip seperti goa.

 

Masyarakat sendiri yang memberi nama pantai ini dengan Goa Cemara, karena sejak awal masyarakat yang mengusahakan penanaman pepohonan cemara dan merawatnya hingga memenuhi pinggiran pantai.

 

Untuk mengelilingi pantai wisatawan bisa menyewa ATV. Disini juga terdapat konservasi penyu laut. Pada bulan-bulan tertentu wisatawan dapat ikut melepaskan tukik / anak penyu ke laut.

 

Disana juga ada sebuah mercusuar setinggi 40 meter. Dan pengunjung boleh masuk dan naik ke puncak mercusuar. Dengan membayar tiket masuk. Mercusuar itu terdiri dari 8 lantai, masing-masing lantai dihubungkan dengan anak tangga berbentuk melingkar seperti double helix. Sedangkan lantai paling atas, dihubungkan dengan tangga yang berbentuk tegak lurus. Dibutuhkan kesabaran dan stamina yang kuat untuk bisa mencapai puncak mercusuar.

 

Namun ketika sudah sampai diatas, pemandangan cantik antara pantai, sawah, tambak udang dan lika-liku jalan setapak akan membayar semua penat kita. Bibir Pantai Pandansari dan Pantai Goa Cemara juga nampak semakin mempesona jika dilihat dari atas sana.