Pemandian Parang Wedang - Parangtritis

Pemandian Parang Wedang - Parangtritis
Pemandian Parang Wedang - Parangtritis

Pemandian Parang Wedang berada di Parang Wedang, Parangtritis, Bantul yang berjarak sekitar 30 km dari Kota Yogyakarta dan dapat dijangkau dengan 1 jam perjalanan. Dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun bis pariwisata.

 

Pemandian Parang Wedang memiliki air yang jernih bersumber dari kawasan bukit di sebelah utara Pantai Parangtritis, yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit seperti panu dan gatal-gatal. Selain itu juga dipercaya berkhasiat menyembuhkan pegal-pegal, rematik, hingga stroke.

 

Pemandian air panas yang dulunya digunakan sebagai tempat pemandian bagi keluarga kraton ini memiliki kedalaman hingga 10 meter dengan luas 1.140 meter persegi yang dilengkapi 6 kamar mandi berair hangat dan 6 kamar mandi berair tawar.

 

Menurut mitos yang berkembang, pemandian air panas Parang Wedang terbentuk oleh kesaktian Sri Sultan Hamengku Buwono VI. Kejadian bermula saat Sri Sultan Hamengku Buwono VI akan mandi di kolam pesanggrahan tetapi air sangat dingin dan beliau mencari air panas. Namun saat mencari air panas tak kunjung dapat. Akhirnya, di Desa Mancingan beliau membuat lubang di tanah yang kemudian memancarkan air panas hingga saat ini.